Muara News
Typography

Radiomuara.com/ Jakarta, 10 April 2018.Puluhan murid SD Negeri Gedongan 2 Mojokerto Jawa Timur membuat pengunjung pagelaran ludruk terpana.

Penampilan mereka dalam panggung Anugerah Duta Seni Jawa Timur   melakoni peran ludruk anak bertajuk " Legenda Ratu Blorok " di anjungan Jawa Timur bisa dikatakan sempurna. Bagaimana tidak, dalam pentas tersebut mereka seperti sudah mendalami peran masing-masing.

Inisiator pertunjukan Kukun Triyoga berharap, kemampuan mereka dapat mennginspirasi anak-anak lainnya. Tidak hanya berkembang dan dikenal di Mojokerto dan Jawa Timur namun bisa dikenal didunia seperti seni tradisional klasik Jepang Kabuki. Dalam pentas tersebut yang digelar hari Minggu ( 08/04/18 ) tersebut, tak satupun pemain dari orang dewasa. Dari mulai pelakonnya; aktor, aktris, pengrawit (pemusik), sinden (penyanyi), hingga pembawa acaranya semuanya anak-anak.

  Kukun menambahkan , tak banyak kelompok teater anak yang menekuni seni `Ludruk.` Di Mojokerto, di Jawa Timur, atau di Indonesia, bahkan dunia,  mungkin cuma ada satu grup yang ada di Mojokerto ini. “Kami berharap Pemerintah konsisten mendukung, agar kesenian Ludruk tidak punah, seperti nasib kesenian Jawa Timur lainnya,” harap Kukun.
 
Sementara kepala dinas pemuda, olahraga, kebudayaan dan pariwisata Mojokerto Drs. Subambihanto, M.Si menambahkan. “Alhamdulillah di Mojokerto masih ada Ludruk Arek (anak-anak). Kita memang tidak cukup mengatakan lestarikan-lestarikan, tapi harus berbuat.
 
Kehadiran kami di Anjungan Jawa Timur TMII, sebagai bukti bahwa Pemerintah Daerah mendukung kesenian Ludruk.
 
Pentas " Anugerah Duta Seni Jawa Timur tersebut juga disaksikan Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengelolaan Anjungan Badan Penghubung Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, Samad Widodo, SS, MM, serta Juri Pengamat, Catur Yudianto (Kepala Bagian Pelestarian dan Pengembangan Bidang Budaya TMII), dan Eddie Karsito (Wartawan, Penggiat Seni & Budaya).

 

Reporter.  : Angga. P 

Redaksi.   : Arya. BK

 

Twitter

Facebook

Visitors Counter

1203996
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
376
699
1075
568501
22241
30619
1203996
Your IP: 54.158.52.166
2018-09-24 14:07