Muara News
Typography
Radiomuara.com / Jakarta, 24 Desember 2018. Gelombang tsunami ternyata bukan hanya ditimbulkan dari terjadinya gempa.
  Namun bisa karena faktor lain yang dapat menimbulkan gelombang laut yang besar seperti letusan gunung berapi. Hal ini terjadi di pesisir kawasan Serang dan Pandeglang Provinsi Banten. Anak krakatau yang berada di selat sunda sabtu sore ( 22/12/18 ) pukul 18.00 WIB menunjukkan aktifitasnya dengan mengeluarkan lava pijar dan letusan yang keras.
 
Bahkan letusannya sampai terdengar jauh ke daerah pesisir Banten. Anak krakatau yang lebih dekat ke perairan Lampung ini memang sejak beberapa hari sudah terus menunjukkan peningkatan aktifitasnya.
 
Namun sepertinya suara letusan yang dikeluarkan kurang diperhatikan imbasnya oleh masyarakat maupun pihak terkait seperti BMKG. Masyarakat lupa bahwa pada tahun 1883 saat gunung krakatau meletus hebat, gelombang tsunami menghantam seluruh pesisir yang ada di perairan sekitar. Bahkan letusannya kala itu juga sangat dirasakan oleh negara Australia. 
 
  Liburnya aktifitas masyarakat jelang hari raya Natal dan Tahun Baru membuat kawasan pesisir jadi idola masyarakat untuk berwisata bersama keluarga maupun kerabat. Sebut saja kawasan pantai carita, tanjung lesung dan lainnya di provinsi Banten sabtu malam dipadati oleh para wisatawan lokal untuk berliburan.
 
Tidak adanya tanda- tanda gempa sebagaimana terjadinya gelombang tsunami di beberapa daerah. Membuat masyarakat tidak menduga saat liburan yang mereka nikmati berubah menjadi tangisan. Sekitar pukul 21.30 WIB gelombang yang cukup besar menghantam apa yang ada di pesisir sekitar kawasan Banten.
 
Ratusan orang menjadi korban, puluhan harta benda hancur diterjang. Tawa Anak- anak yang tadinya ceria berubah menjadi duka saat mereka terpisah dari keluarga. Bukan hanya di Banten, kawasan Lampung selatan yang terdekat dari krakatau pun tak luput dari sapuan gelombang tsunami.
 
Pemerintah segera mengambil tindakan dengan menurunkan tim bantuan untuk mengevakuasi para korban. Presiden Jokowi langsung mengucapkan duka yang mendalam untuk korban tsunami Banten. Beliau pun segera menugaskan menteri terkait untuk proses evakuasi. 
 
Reporter.  : Angga. P
Redaksi.   : Arya. BK

Twitter

Facebook

Visitors Counter

1306715
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
81
788
81
674140
17953
28776
1306715
Your IP: 54.144.24.41
2019-01-20 01:32