Muara News
Typography

Radiomuara.com/Jakarta, 1 Mei 2019.Guna Menetapkan awal bulan suci Ramadhan 1440 H.

         Kementrian Agama berencana akan menggelar sidang isbat pada tanggal 5 Mei 2019 nanti. Sidang akan digelar di Auditorium Kemenag H.M Rasjidi jalan MH. Thamrin Jakarta. Proses sidang akan dimulai pada pukul 16.00 Wib dengan di awalai pemaparan dari team Hisab dan Rukyat Kementrian Agama tentang posisi Hilal menjelang awal Ramadhan 1440 H.

Proses sidang sendiri akan di gelar selepas sholat Maghrib setelah adanya laporan hasil Rukyatul Hilal dari beberapa titik pemantauan di beberapa lokasi. Sidang tersebut merupakan sidang tertutup dan hasilnya akan di musyawarahkan untuk diambil keputusan awal Ramadhan 1440 H.

Sidang isbat rencananya juga akan dihadiri perwakilan dari duta besar negara negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, MUI, BMKG, LAPAN, BIG, Boscha ITB, Planetarium, Ahli Falak dari Ormas Islam, Pejabat eselon I dan II Kemenag, serta team Hisab dan Rukyat Kemenag. 

Sejumlah pemantau Hilal yang berasal dari kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten kota di seluruh Indonesia juga akan diturunkan. Bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam dan instansi terkait setempat. Daftar lokasi Ru'yatul Hilal awal Ramadhan 1440 H sendiri akan dipantau dari 34 lokasi sesuai provinsi di Indonesia .
 
 
 
Reporter.   : Angga. P
Redaksi.    : Arya. BK

Twitter

Facebook